Jumat, 09 November 2012

contoh makalah

Kata Pengantar
            Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga makalah yang berjudul “Pengenalan Media Pengajaran atau Pembelajaran” dapat diselesaikan tepat waktu sebagaimana yang diharapkan.
            Makalah ini di susun dalam rangka memenuhi salah satu tugas mata kuliah metode pengajaran. Sebagai manusia biasa, kami menyadari bahwa penyusunan makalah ini masih terdapat banyak kekurangan. Oleh karena itu, saran dan masukkan yang bersifat membangun dari semua kalangan sangat kami harapkan demi lebih baiknya makalah ini.
Bau – Bau, ….. April 2011

Penulis

 

Daftar Isi


Halaman
Kata Pengantar  ………………………………………………………
Daftar Isi ……………………………………………………………...
Bab I   Pendahuluan
A.    Latar Belakang  …………………………………………..
B.     Rumusan Masalah  ………………………………………
C.     Batasan Masalah  ……………………………………….
D.    Tujuan  …………………………………………………..
Bab II Pembahasan
A.    Pengertian Media Pengajaran/Pembelajaran  ………….
B.     Jenis – Jenis Media Pembelajaran/Pengajaran  ………..
C.     Bentuk – Bentuk Media
Pembelajaran/Pengajaran ……………………………..
Bab III Penutup
A.    Kesimpulan ……………………………………………..
B.     Saran ……………………………………………………
Daftar Pustaka  ……………………………………………………..
1
2

3
4
4
5

6
7

8

14
14
15


Bab I
Pendahuluan
A.    Latar Belakang
            Belajar adalah suatu proses yang kompleks yang terjadi pada diri setiap orang sepanjang hidupnya. Proses belajar itu terjadi karena adanya interaksi antara seseorang dengan lingkungannya. Oleh karena itu belajar dapat terjadi kapan dan dimana saja. Ini bisa dibuktikan dengan berubahnya tingkah laku seseorang yang bisa terjadi pada tingkatan pengetahuan, keterampilan, atau sikapnya. Apabila proses tersebut dilaksanakan di sekolah (formal) maka perubahan yang terjadi pada siswa secara terencana, baik dalam aspek pengetahuan, keterampilan, maupun sikap. maka proses interaksinya adalah dikelas, guru, petugas perpustakaan, kepala sekolah, bahan atau materi pelajaran.
            Istilah pembelajaran lebih menggambarkan usaha guru untuk membuat belajar para siswanya.Kegiatan belajar hanya akan berhasil jika si pelajar secara aktif mengalami sendiri proses belajar. Seorang guru tidak dapat mewakili belajar siswanya. Seorang siswa belum dapat dikatakan telah belajar hanya karena ia sedang berada dalam satu ruangan dengan guru yang sedang mengajar.
            Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar mengajar, sehingga media adalah bagian yang tidak terpisahkan dari proses belajar mengajar demi tercapainya tujuan pendidikan pada umumnya dan tujuan pembelajaran di sekolah pada khususnya.
            Dampak perkembangan Iptek (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) terhadap proses pembelajaran adalah diperkayanya sumber dan media pembelajaran, seperti buku teks, modul, video, televisi, slide dan sebagainya. Guru profesional dituntut mampu memilih dan menggunakan berbagai jenis media pembelajaran yang ada di sekitarnya. Makalah ini menyajikan ringkasan mengenai pengenalan media pengajaran atau pembelajaran yang meliputi pengertian media pembelajaran, jenis – jenis media pembelajaran dan bentuk – bentuk media pembelajaran. Ringkasan ini diharapkan dapat berperan sebagai salah satu pendukung bagi para guru untuk menuju pemenuhan tuntutan profesionalisme.
B.     Rumusan Masalah
            Ada beberapa rumusan masalah yang akan dibahas dalam makalah ini yaitu sebagai berikut:
1.      Apa pengertian media pengajaran itu ?
2.      Jenis – jenis media apa saja yang diperlukan dalam pengajaran ?
3.      Bagaimana bentuk media pengajaran yang digunakan dalam pembelajaran ?
C.    Batasan Masalah
            Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka dapat ditentukan batasan masalahnya yaitu sebagai berikut:
1.      Pengertian atau urgensi media pengajaran.
2.      Jenis – jenis media yang diperlukan dalam pembelajaran.
3.      Bentuk media pengajaran yang digunakan dalam pembelajaran.
D.    Tujuan
            Tujuan dari penyusunan makalah ini adalah sebagai berikut :
1.      Untuk mengetahui pengertian dari media pengajaran itu.
2.      Untuk mengetahui jenis – jenis media pengajaran yang sering digunakan.
3.      Untuk mengetahui bentuk media pengajaran yang digunakan dalam pembelajaran.


BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Media Pengajaran/Pembelajaran
            Media adalah sebuah alat yang mempunyai fungsi menyampaikan pesan (Bovee, 1997). Media merupakan bentuk jamak dari kata “medium” yang berasal dari bahasa latin yang berarti “antara”. Istilah media dapat kita artikan sebagai segala sesuatu yang menjadi perantara atau penyampai informasi dari pengirim pesan kepada penerima pesan.
            Berbicara mengenai media tentunya kita akan mempunyai cakupan yang sangat luas, oleh karena itu saat ini masalah media kita batasi ke arah yang relevan dengan masalah pembelajaran saja  atau yang dikenal sebagai media pembelajaran. Briggs menyebutkan bahwa media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar. Sementara itu Schramm berpendapat bahwa media merupakan teknologi pembawa informasi atau pesan instruksional yang dapat dimanipulasi, dilihat, didengar dan dibaca. Dengan demikian media pembelajaran adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Pembelajaran adalah sebuah proses komunikasi antara pembelajar, pengajar dan bahan ajar. Komunikasi tidak akan berjalan tanpa bantuan sarana penyampai pesan atau media.
            Untuk menyampaikan pesan pembelajaran dari guru kepada siswa, biasanya guru menggunakan alat bantu mengajar (teaching aids) berupa gambar, model, atau alat-alat lain yang dapat memberikan pengalaman konkrit, motivasi belajar, serta mempertinggi daya serap atau yang kita kenal sebagai alat bantu visual. Dengan berkembangnya teknologi pada pertengahan abad ke 20 guru juga menggunakan alat bantu audio visual dalam prose pembelajarannya.
B.     Jenis – Jenis Media Pembelajaran/Pengajaran
            Terdapat enam jenis dasar dari media pembelajaran menurut Heinich and Molenda (2005) yaitu:
1.      Teks. 
            Merupakan elemen dasar dalam menyampaikan suatu informasi yang mempunyai berbagai jenis dan bentuk tulisan yang berupaya memberi daya tarik dalam penyampaian informasi. 
2.      Media Audio.
            Membantu menyampaikan maklumat dengan lebih berkesan. Membantu meningkatkan daya tarikan terhadap sesuatu persembahan. Jenis audio termasuk suara latar, musik, atau rekaman suara dan lainnya.
3.      Media Visual
            Media yang dapat memberikan rangsangan-rangsangan visual seperti gambar/foto, sketsa, diagram, bagan, grafik, kartun, poster, papan buletin dan lainnya.
4.      Media Proyeksi Gerak.
            Termasuk di dalamnya film gerak, film gelang, program TV, video kaset (CD, VCD, atau DVD).


5.      Benda – benda Tiruan/ Miniatur
            Seperti benda – benda tiga dimensi yang dapat disentuh dan diraba oleh siswa. Media ini dibuat untuk mengatasi keterbatasan baik obyek maupun situasi sehingga proses pembelajaran tetap berjalan dengan baik.
6.      Manusia.
            Termasuk di dalamnya guru, siswa, atau pakar/ahli di bidang/materi tertentu.
C.    Bentuk – Bentuk Media Pembelajaran/Pengajaran
            Selain membutuhkan jenis – jenis media pembelajaran, dalam pembelajaran juga membutuhkan bentuk – bentuk atau bahan – bahan media pengajaran yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar. Ada beberapa bentuk – bentuk media pengajaran atau pembelajaran yaitu sebagai berikut:
a.       Media auditif, yaitu media pengajaran yang hanya mengandalkan kemampuan suara saja, seperti radio, tape recorder, piringan audio. Media pengajaran ini cocok untuk orang yang tuli atau mempunyai kelainan pendengaran.
b.      Media visual, yaitu media pengajaran yang hanya mengandalkan gambar diam, seperti film strip (film rangkai), slides (film bingkai), foto, gambar, lukisan dan cetakan. Ada pula media visual yang menampilkan gambar atau simbol yang bergerak seperti film bisu dan film kartun.
c.       Media audio visual, yaitu media yang mempunyai unsur antara suara dan gambar. Jenis media seperti ini mempunyai kemampuan yang lebih baik karena meliputi suara dan gambar seperti film bingkai, ada suaranya dan ada pula gambar yang ditampilkannya.
Menurut Nana Sudjana media pengajaran yang sering digunakan dalam proses pembelajaran meliputi:
a.      Media grafis (media dua dimensi).
1)      Diagram
          Diagram adalah suatu gambaran-gambaran sederhana untuk memperlihatkan hubungan timbale balik, terutama dengan garis-garis diagram yang baik adalah sangat sederhana yakni hanya bagian-bagian terpenting saja yang diperlihatkan.   Berdasarkan konsep tersebut, kiranya penggunaan media diagram dalam proses pembelajaran akan sangat membantu bagi guru maupun siswa dalam menyimak materi pelajaran, karena pada dasarnya diagram merupakan ringkasan visual yang padat mengenai fakta-fakta dan gagasan yang akan diuraikan.
Ciri-ciri dari sebuah diagram yang baik adalah:
a.       benar, digambar rapi, diberi judul, label dan penjelasan- penjelasan yang perlu
b.      cukup besar dan ditempatkan strategis
c.       penyusunannya disesuaikan dengan pola membaca  yang umum, dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah.
2)      Grafik
          Grafik adalah suatu grafis yang menggunakan titik-titik atau garis untuk menyampaikan informasi statistic yang saling berhubungan. Dengan berasumsi pada pengertian grafik tersebut, dalam proses belajar mengajar, grafik mempunyai fungsi untuk memperlihatkan perbandingan informasi kualitas-kualitas maupun kuantitas dengan cepat dan sederhana, terutama pada penyajian secara statistik.
3)      Poster
          Poster merupakan kombinasi visualisasi yang kuat dengan warna dan pesan dengan maksud untuk menangkap perhatian orang lewat, tetapi cukup lama menanamkan gagasan yang berarti di dalam ingatannya. Media ini pada umumnya digunakan untuk mengenalkan suatu produk dari suatu perusahaan atau digunakan sebagai sarana promosi. Ciri-ciri poster yang baik adalah:
a.       sederhana
b.      menyajikan satu ide dan untuk mencapai satu tujuan pokok
c.       berwarna
d.      slogan yang ringkas dan jitu
e.       ulasannya jelas
f.       motif dan desain bervariasi
4)      Kartun
          Kartun adalah menggambarkan dalam bentuk lukisan atau karikatur tentang orang, gagasan atau situasi yang didesain untuk mempengaruhi opini masyarakat. Dengan berasumsi pada konsep tersebut di atas, kartun dapat digunakan sebagai alat bantu proses pengajaran walaupun banyak kartun yang membuat orang-orang tersenyum, tetapi pada dasarnya kartun mempunyai manfaat dalam proses belajar mengajar terutama dalam penjelasan rangkaian bahan satu urutan logis atau mendukung makna
5)      Komik
          Komik merupakan suatu bentuk kartun yang mengungkapkan karakter dan memerankan suatu berita dalam urutan yang erat dihubungkan dengan gambar dan di rancang untuk memberikan hiburan pada pembaca.
6)      Gambar atau foto
          Kita sering menggunakan gambar atau foto sebagai media pembelajaran karena gambar merupakan bahasa yang umum yang dapat dimengerti dan dinikmati dimana saja oleh siapa saja. Manfaat atau kelebihan gambar atau foto sebagai media pembelajaran adalah:
a.         Memberikan tampilan yang sifatnya konkrit
b.         Gambar dapat mengatasi batasan ruang dan waktu
c.         Gambar atau foto dapat mengatasi keterbatasan pengamatan kita
d.        Dapat memperjelas suatu masalah, dalam bidang apa saja dan untuk tingkat usia berapa saja
e.         Murah harganya dan mudah didapat serta digunakan tanpa memerlukan peralatan khusus.
7)      Bagan/Chart
          Terdapat dua jenis chart yaitu chart yang menyajikan pesannya secara bertahap dan chart yang menyajikan pesannya sekaligus. Chart yang menyajikan pesannya secara bertahap misalnya adalah flipchart atau hidden chart, sementara bagan atau chart yang menyajikan pesannya secara langsung misalnya bagan pohon (tree chart), bagan alir (flow chart), atau bagan garis waktu (time line chart). Bagan atau chart berfungsi untuk menyajikan ide-ide atau konsep-konsep yang sulit jika hanya disampaikan secara tertulis atau lisan secara visual. Bagan juga mampu memberikan ringkasan butir-butir penting dari suatu presentasi. Dalam bagan biasanya kita menjumpai jenis media visual lain seperti gambar, diagram, atau lambang-lambang verbal. Ciri-ciri bagan sebagai media yang baik adalah:
a.       dapat dimengerti oleh pembaca
b.      sederhana dan lugas tidak rumit atau berbelit-belit
c.       diganti pada waktu-waktu tertentu agar selain  tetap mengikuti perkembangan jaman juga tidak kehilangan  daya tarik.
b.      Media tiga dimensi
Sesuai dengan istilahnya, media tiga dimensi adalah media yang mempunyai ukuran panjang, lebar dan tinggi serta dapat dilihat dari berbagai sudut pandang. Oleh karena itu media tiga dimensi memiliki bentuk yang hampir sama dengan benda aslinya.
c.       Media proyektor still
            R.Warsito menuliskan bahwa media proyektor  still ada dua yaitu:
1)      OHP (Over head proyektor)
                        Penggunaan OHP dalam proses pembelajaran memiliki manfaat atau kelebihan sebagai media pendidikan yaitu :
a.    Gambar yang diproyeksikan lebih jelas jika dibandingkan dengan kalau digambarkan sebagai media pendidikan yaitu:
b.    Guru dapat mengajar sambil berhadapan dengan siswa.
c.    Dapat memproyeksikan benda-benda kecil.
d.   Lebih sehat dari pada papan tulis
2)      Televisi
                        Sebagai suatu medium, televisi mempunyai beberapa kelebihan yaitu:
a.       Televisi merupakan suatu medium yang menarik, up to date dan selalu siap diterima oleh anak-anak, karena mereka mengenalnya sebagai bagian dari kehidupan luar sekolah.
b.      Televisi dapat memikat perjatian sepenuhnya dari penonton seperti halnya film, menyajikan informasi viasual dan auditif secara simultan.
c.       Sifatnya nyata dan langsung.
d.      Batas ruang dan waktu dapat diatasi.
e.       Hampir setiap mata pelajaran dapat di TV kan.
f.       Televisi dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan guru dalam hal mengajar.
           Meskipun televisi banyak memberikan manfaat, tetapi juga problem yang perlu diatasi antara lain:
a.       Harga televisi relatif mahal.
b.      Jadwal sering bertabrakan antara siaran dan jam pelajaran.
c.       Tidak selamanya program televisi cocok dan jelas.
BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
            Berdasarkan pembahasan diatas, maka dapat disimpulkan beberapa hal yaitu sebagai berikut :
1.      Media pembelajaran/pengajaran adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyampaikan pesan pembelajaran.
2.      Jenis – jenis media pembelajaran terdiri atas teks, media audio, media visual, media proyeksi gerak, benda – benda tiruan atau miniatur, dan manusia.
3.      Bentuk – bentuk media pembelajaran atau pengajaran terdiri atas media auditif (tape recorder, radio), media visual (gambar atau foto, bagan, grafik, komik, poster dan diagram dan lain sebagainya) dan media audio visual.

B.     Saran
            Adapun saran yang dapat kami sampaikan berdasarkan makalah ini yaitu dalam pemilihan media pembelajaran atau pengajaran sebaiknya diperhatikan bagaimana peranan media tersebut yang meliputi seberapa besar pengaruh media tersebut dalam proses belajar mengajar.





Daftar Pustaka

Budiman, Rudy. 2008. Media Pembelajaran. Materi Diklat Terakreditasi Guru SD Semester 2. Bandung: PPPPTK TK dan PLB.
Heinich, Molenda, Russell, Smaldino. (2005). Instructional technology and media for learning 8th edition (Petunjuk Teknologi dan Media Pembelajaran Edisi 8). New Jersey: Pearson Merrill Prentice Hall.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar